Big News Times

Just another Blogger Template by Basnetg.com

Runtuhnya Bahasa Lokal Madura

Published on Kamis, 03 Januari 2013 19.19 // , , ,


sumber foto: https://twitter.com/BahasaMadura
Ada fenomena menarik di Madura akhir-akhir ini, yaitu tentang merosotnya pengetahuan anak muda Madura terhadap bahasa daerahnya. Mereka jarang yang bisa menggunakan bahasa halus. Mereka hanya mengenal bahasa tingka paling bawah, yaitu enje' iye, sebagian paham enggi enten dan sedikit yang paham enggi bhunten.

Apa pasalnya? Yang paling nampak adalah fenomena berlomba-lombanya orang tua anak-anak tersebut mengajarkan bahasa Indonesia. Tak jarang, pada akhirnya, anak-anak mereka lebih bisa berbahasa Indonesia ketimbang bahasa Madura. Padahal, bahasa Madura lebih sulit ketimbang bahasa Indonesia. Bahasa Madura ada tingkatan-tingkatannya. Dan tingkat paling sulit darinya adalah bahasa enggi bhunten.

Jika terus dibiarkan seperti itu, tidak menutup kemungkinan bahasa Madura akan benar-benar lenyap dari Pulau Garam ini. Karena, anak-anak adalah aset masa depan yang akan menentukan apakah bagai mana nasib bahasanya. Jika mereka terus dicekoki dengan bahasa indonesia, maka tidak bahasa Madura akan benar-benar punah.

Hal lain lagi yang menjadi penyebab kepunahan itu adalah tidak diajarkannya bahasa Madura di sekolah-sekolah. Padahal, sekolah adalah tempat setrategis yang memungkinkan bahasa ibu bisa terus eksis dengan cara dipelajari. Anehnya, pelajaran tersebut makah dihapus.

0 komentar

Leave a comment